Selasa, 30 Oktober 2018

Peranan Pemuda bagi Bangsa

Diposting oleh    di    Tidak ada komentar:
 

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejatinya tidak lepas dari keberadaan dan peran pemuda. Di republik ini, peran pemuda sangat jelas terlihat pada awal perjuangan kemerdekaan, masa kemerdekaan itu sendiri, dan paska kemerdekaan bangsa.
Dalam berbagai dokumen dan referensi, kiprah pemuda di Indonesia diawali pada permulaan pada tahun 1908 yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo. Semangat kebangkitan generasi muda pula, dengan dideklarasikannya momentum besar, yakni Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober tahun 1928. Peristiwa ini memberi berbagai hikmah kepada pemuda, yang salah satunya membangkitkan semangat generasi muda Indonesia agar menjadikan bangsa yang tekad mencerdaskan kehidupan berbangsa di masa yang akan datang.
Dalam HUT Ke-73 Republik Indonesia, generasi muda perlu bangkitkan semangat yang baru sebagai pemuda Indonesia. Pada setiap merayakan hari kemerdekaan, pemuda dan berbagai kalangan pelajar berhamburan mengikuti unit kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, paskibraka, PMR, dan unit kegiatan ekstrakulikuler lainnya, sebagai salah satu peran generasi muda untuk mengisi kemerdekaan Indonesia itu sendiri. Tentu hal ini bukan saja sekedar mengikuti berbagai rangkaian kegiatan tersebut, bukan semata-mata kita hadir karena ingin tampil membawakan sebuah atraksi di lapangan upacara, melainkan kita hadir untuk mencerna, dan memaknai arti dari sebuah hari kemerdekaan sesungguhnya. Akan sangat ironi bila memperingati hari kemerdekaan hanya sebatas seremoni saja tanpa mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk itu, sebagai generasi muda, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. Sebagai generasi muda, tentu tak diinginkan bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang lemah, kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah hadiah dari penjajah Belanda yang sangat lama menguasai bangsa. Artinya di situ ada unsur perjuangan untuk meraih kemerdekaan tersebut. Para pemuda saat ini telah menyadari perlunya kemerdekaan untuk mewujudkan keinginan luhur, yakni kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang.

Beberapa hal penting yang bisa dilakukan generasi muda untuk bangsa Indonesia, yaitu :
1.              Melestarikan Kebudayaan Indonesia
Di Indonesia terdapat ragam budaya dan lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa tersebar dari sabang sampai merauke. Sudah sepatutnya generasi muda sebagai penerus melestarikan dan menjaganya dengan baik. Dengan cara mengadakan kegiatan yang memperkenalkan budaya dari berbagai suku dan etnis di Indonesia bisa membantu melestarikan budaya di Indonesia.

2.              Menjaga Bhineka Tunggal Ika
Bhineka Tunggal Ika merupakan moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulisa pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya “Berbeda-beda tetapi satu”, yang memiliki makna walaupun kita berbeda suku, budaya dan agama tetapi kita tetap satu dan harus saling menghargai.
3.              Menjaga Keutuhan NKRI
Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (nasionalisme) oleh bangsa Indonesia yang bertujuan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan landasan konstitusional UUD 1945 merupakan beberapa upaya untuk menjaga keutuhan NKRI

4.              Menjaga Wilayah Indonesia
Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari 13.487 pulau, memiliki keanekaragaman hayati, maupun non-hayati. Merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, untuk itu kita harus menjaganya dengan baik. Dengan menjaga wilaya dan kekayaan tanah air Indonesia, menciptakan ketahanan nasional, menghormati perbedaan agar tidak mudah dipecah belah oleh pihak luar merupakan salah satu contoh yang bisa kita lakukan untuk menjaga wilayah Indonesia.




Referensi :
http://floresmuda.com/2018/08/20/memaknai-peran-pemuda-dalam-kemerdekaan-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PERSY BLOG Agatha Fajarani
Designed by AgathaFajarani