Software
Dari
sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi Software
Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1. Software Animasi 2D
Software animasi 2D adalah software yang digunakan
untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan
untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor
suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh dari Software
Animasi 2D ini antara lain: Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia
Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish
Max, dan sebagainya.
2. Software Animasi 3D
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan
kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan
tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian
efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software
animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia),
animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena
kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang
cukup tinggi dan terkadang rumit. Contoh dari Software Animasi 3D ini antara
lain: 3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape
animation), Vue (landscape animation), Auto Cad, dan sebagainya.
Saat
ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari
software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang komplek, dari yang
gratis hingga puluhan juta rupiah. Software-software animasi yang umum
digunakan adalah sebagai berikut:
1)
Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah
program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik
dan animasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal
sebagai Macromedia Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling
umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi
audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun
banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software
ini.
2)
AnimPixels
AnimPixels adalah
perangkat lunak film animasi khusus dalam Isometric Pixel
Art.. Menggunakan komponen film anda sendiri, atau download dari web,
untuk membuat film animasi asli.
3)
Easy GIF
Animator 5 pro
Easy GIF Animator 5 pro
adalah software kuat namun sangat mudah untuk membuat dan mengedit gambar GIF
animasi. Dengan animasi GIF editor sobat dapat dengan mudah membuat gambar
animasi, banner dan tombol dalam waktu singkat. Sobat dapat menggunakan
fitur-fitur khusus untuk menambahkan efek visual yang menakjubkan dan
mempersiapkannya untuk dipublikasikan pada halaman web sobat. Easy GIF Animator
5 pro mendukung semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan
kualitas yang hebat untuk gambar GIF animasi. Untuk melengkapi semua ini, Easy
GIF Animator 5 pro adalah yang terbaik sebagai animasi GIF editor saat ini.
4)
Alligator Flash
Designer
Alligator Flash
Designer adalah software animasi vektor berbasis snap. Menghasilkan grafik
animasi kompleks dengan gambar, bentuk dan teks, menggunakan lebih dari 130
built-in efek animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi. Ekspor
Desainer Flash SWF file dalam format Macromedia Flash, dan kode HTML yang
diperlukan untuk mengintegrasikan animasi dengan halaman Web Anda. Ini juga
menawarkan perangkat pengeditan dasar untuk memodifikasi gambar apapun,
mengubah ukurannya, menambahkan objek dll. dengan software ini kita lebih mudah
untuk membuat animasi pada web dan banner.
5)
Flash CS4
Flash CS$ untuk
merancang konten interaktif untuk digital, animasi web, dan platform mobile.
Untuk situs web interaktif, media yang seperti iklan, media pembelajaran,
presentasi dan permainan perangkat lunak grafis animasi.
6)
CoffeeCup GIF
Animator
CoffeeCup GIF Animator
membuat animasi untuk halaman web Anda dengan mudah. CoffeeCup GIF Animator
dapat mengkonversi grafis JPEG dan BMP GIF secara otomatis, serta impor dan
ekspor file AVI.
7)
Ulead GIF
Animator 5
Ulead GIF Animator
5 perangkat lunak animasi kuat dan terjangkau. Mudah membuat animasi
cepat-loading untuk situs web Anda dan presentasi PowerPoint.
8)
Corner-A
ArtStudio
Corner-A ArtStudio adalah
perangkat lunak animasi yang powerful yang dapat membawa hidup keluar dari
gambar statis membosankan. ArtStudio memiliki banyak filter built-in, memiliki
dukungan akselerasi hardware, kemungkinan ekspor ke berbagai format dan
antarmuka yang sederhana. Anda tidak perlu menjadi seorang seniman atau
desainer untuk menggunakan ArtStudio.
9)
3D Studio Max
3D Studio Max
(kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak
grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media &
Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak
ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform
Win32.
10) Macromedia Director
Macromedia Director
adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau
program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media
presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk Membuat CD Interaktif.
Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan konten halaman web dalam
bentuk Shockwave.
11) Adobe ImageReady
Adobe ImageReady adalah
editor grafis bitmap yang dikirim dengan Adobe Photoshop oleh Adobe Systems
selama hampir sepuluh tahun. ImageReady ditulis dalam bahasa C ++ pemrograman
Itu tersedia untuk Windows dan Mac OS X platform 1998-2007, setelah itu
dihentikan. ImageReady memiliki fitur khusus seperti GIF penciptaan animasi,
optimasi kompresi gambar, dan efek rollover, dan generasi HTML.
12) Corel Rave
Corel rave merupakan
sebuah aplikasi berbasiskan vector yang baisa digunakan untuk membuat animasi
bergerak yang dibuat oleh perusahaan corel. Corel rave merupakan aplikasi
bawaan (satu paket) yang telah tersedia jika kita menginstall corel draw 12.
13) Swish Max
Swish Max, adalah
program aplikasi lengkap untuk pembuatan animasi berbasis flash player (sebuah
program aplikasi pengoperasi suatu animasi sederhana, permainan digital dan
berbagai perangkat yang menggunakan multimedia)(SWiSHzone.com Pty. Ltd, 2007).
Swish Max digunakan untuk membuat beragam animasi yang menarik dan penuh kreasi
tanpa menggunakan program aplikasi Adobe Flash (generasi ke-sembilan dari
macromedia flash yang merupakan program aplikasi perintis penghasil aplikasi
berbasis flash).
14) Adobe After Effect
Adobe After Effects CS4
efek visual yang sangat baik dan perangkat lunak animasi menarik. Bekerja
dengan peralatan canggih dan integrasi yang erat dengan aplikasi desain
terkemuka saat Anda memberikan bekerja untuk hampir semua jenis media. Membuat
dari awal atau memulai proyek dari ratusan preset disesuaikan dan template,
semua dari dalam streamline antarmuka.
Hardware
1.
Keyboard
Keyboard merupakan unit
input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard
dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media
bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868.
2.
Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
3.
Touchpad
Unit masukkan ini
biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
4.
Light Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5.
Joy Stick dan
Games Paddle
Alat ini biasa
digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
6.
Barcode
Barcode termasuk dalam
unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode
yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap
kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode.
7.
Scanner
Scanner adalah sebuah
alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya,
disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian
dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk
teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital
Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi
lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan
sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B,
tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
8.
Mikropon dan
Headphone
Unit masukan ini
berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam
suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan.
9.
Sound Card
Sound Card adalah
perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai
alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan
suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat
masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
10.
Kartu Grafis
Kartu grafis, atau
kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan
menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian
komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada
komputer. Beberapa kartu
grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor
untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4.
11.
Kamera digital
Kamera digital adalah
alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa
kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian
direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya
disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan
pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media
simpan digital tersebut.
Referensi
https://wibawaadiputra.wordpress.com/2016/04/12/perangkat-media-pembuatan-multimedia/
http://perangkatkeraskomputer20.blogspot.co.id/2012/11/hadware-sofware-animasi.html
http://handiswanblog.blogspot.co.id/2014/06/mcam-macam-software-untuk-membuat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar